Maandag 04 Maart 2013

Hallo sahabat pelajar

Akhir-akhir ini kontroversi tentang adanya ujian nasional sedang memanas. Hal ini mungkin dipicu oleh keputusan Mahkamah Agung tentang akan tidak dilaksanakannya ujian nasional. Berawal dari hal tersebut, sekarang berbagai pendapat muncul mengenai masalah ini. Ujian nasional memang mutlak diperlukan untuk mendorong para siswa agar belajar serius dan mengukur keberhasilan dari proses belajar itu sendiri. Apakah ujian nasional sebagai satu-satunya penentu kelulusan siswa ataukah digabung dengan ujian akhir sekolah, sah-sah saja diperdebatkan.
Di negara kita tercinta ini sedang gencar melakukan peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan menerapkan sistem ujian yang baik pada setiap akhir semester. Ujian nasional merupakan salah satu strategi umum yang digunakan oleh banyak negara berkembang dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Di negara maju juga menerapkan sistem ujian nasional. Mungkin pemerintah indonesia ingin mencontoh hal tersebut tetapi tidak diimbangi dengan layaknya sarana dan prasarana yang memadai. Setiap tahun anggaran yang dikucurkan untuk hal ujian nasional dan pendidikan selalu meningkat antara 400 sampai 500 miliar pertahun.

Menurut para siswa akan lebih baik kalau kelulusan ditentukan oleh sekolah karena sekolah itulah yang benar-benar mengetahui kualitas siswanya. Ujian nasional juga mendapat citra yang buruk di mata masyarakat yaitu sebagai ajang kecurangan seperti pembocoran kunci jawaban. Selain itu ujian nasional juga membawa dampak pemborosan biaya. Agar anaknya bisa sukses mengiku ti UN, orangtua rela mengeluarkan dana berlebih entah untuk membiayai tambahan pelajaran di bimbingan belajar, les tambahan di sekolah dan pemantapan. Belum lagi, biaya untuk buku-buku pelajaran dan kiat sukses mengikuti UN. Bagi mereka yang mampu, tentunya tidak masalah. tapi bagi golongan memengah ke bawah itu dirasakan sangat memberatkan. Akan lebih baik jika anggaran yang banyak itu digunakan untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana agar siswa nyaman belajar dan dapat berprestasin di kancah dunia dan membanggakan nama indonesia di dunia internasional sebagai salahsatu negara dengan pendidikan terbagus dan terbaik.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking